publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

Gula Mentah Impor Mulai Masuk Maret

Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

JAKARTA, publiknasional.com

Pemerintah menyepakati usulan Dewan Gula Indonesia (DGI) yang menganjurkan impor gula dalam bentuk raw sugar (gula mentah) untuk mendukung hilirisasi industri gula nasional.



Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo, menuturkan impor raw sugar dengan volume 240 ribu ton akan masuk ke Indonesia mulai awal Maret untuk diolah menjadi gula konsumsi (gula kristal putih/GKP).

"Segera mungkin awal Maret ini, pertengahan Maret masuk diolah. Mei bisa masuk ke sentra konsumsi luar Jawa," ujar Gunaryo, ketika ditemui di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (24/2/2012).

Dijelaskan Gunaryo, saat ini pemerintah sedang membahas pabrik gula mana saja yang ditugasi untuk mengolah raw sugar menjadi GKP. Tidak tertutup kemungkinan pabrik gula rafinasi. "Bisa usulkan swasta atau BUMN (Badan Usaha Milik Negara), tergantung mana yang siap dan kapasitasnya memadai," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Deddy Saleh menjelaskan, kebijakan impor gula yang hanya dalam bentuk raw sugar ini akan mengubah roadmap industri gula ke depan.

"Izin (impor) belum diterbitkan, cuma sudah ditetapkan angkanya itu. Siang ini akan dirapatkan lagi, sekalian membahas gula secara keseluruhan, termasuk perubahan roadmap," jelas Deddy.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menjelaskan impor raw sugar ini akan membuat industri gula dalam negeri lebih bergairah lantaran impor gula kristal putih sudah tidak diperbolehkan lagi. Maka dari itu, dibutuhkan pengolahan dari gula mentah menjadi gula kristal putih untuk konsumsi.

"Tapi ini nanti dari raw sugar kita hasilkan GKP (gula kristal putih. Kita mengimpornya dalam gula mentah, tapi dalam konteks peredaran harus GKP. Dibuat diindustri dalam negeri," ujarnya. [mediaindonesia.com]


 

Ucapan

Lihat
17 Oktober 2001 - 2014 Dirgahayu Kota Wisata Batu Ke-13 Ayo!!! Kembangkan Keatifitas & Inovasimu Demi Kejayaan Kota Batu Bagian Humas

Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke-69

PT. JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI

Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

90.000 Orang Terdeteksi Memiliki E-KTP Ganda

JAKARTA, publiknasional.com

Proyek Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau electronic KTP (E-KTP) belum juga selesai dibuat. Pemerintah masih mengejar penyelesaian proyek tersebut hingga Desember 2012 dengan target 172 juta. Namun di tengah pengerjaan

Baca selengkapnya...Link