publiknasional.com

Berita Populer

powered by camp26

Video

.

PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Penyedia Jasa Pelabuhan yang Prima dan Konsisten

Email Cetak PDF

 

SIAPA yang tak kenal dengan Tanjung Perak? Pasti semua orang tahu, bahwa Tanjung Perak adalah pelabuhan yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Di dunia perekonomian dan bisnis, Tanjung Perak merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia yang berfungsi sebagai kolektor dan distributor

barang dari dan ke Kawasan Timur Indonesia,  termasuk Provinsi Jawa Timur. 

Karena letaknya yang strategis dan didukung oleh daerah hinterland Jawa Timur yang potensial, maka Pelabuhan Tanjung Perak juga merupakan pusat pelayaran intersulair Kawasan Timur Indonesia.

Sesuai dengan perkembangan jaman, dunia perekonomian dan bisnis di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak di bawah kendali PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan anak perusahaan PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

Seperti diketahui, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak bergerak dalam sektor perhubungan yang diberikan tugas, wewenang, dan tanggung jawab untuk mengelola pelabuhan. Artinya, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak dipercaya sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan, yang memiliki peran kunci untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Sehingga dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai tersebut, diharapkan mampu menggerakkan dan menggairahkan kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Bisnis Usaha


Bisnis Usaha yang dikelola PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak  meliputi usaha-usaha sebagai berikut:
1. Menyediakan kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu lintas tempat berlabuhnya kapal.
2. Menyelenggarakan jasa-jasa yang berhubungan dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal.
3. Menyediakan dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat barang termasuk hewan dan fasilitas naik turunnya penumpang.
4. Menyediakan gudang-gudang, dan tempat penimbunan barang-barang, angkutan bandar, alat bongkar muat, serta peralatan pelabuhan.
5. Menyediakan tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, sehubungan dengan kepentingan kelancaran angkutan laut.
6. Menyediakan listrik, bahan bakar minyak, air minum dan instalasi limbah pembuangan.
7. Menyelenggarakan jasa terminal, kegiatan konsolidasi, dan distribusi barang termasuk hewan.
8. Menyelenggarakan usaha lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan.

Secara rinci, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak melayani prosedur pendaftaran pelanggan,  pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan air kapal, pelayanan keluhan, pelayanan dokumen, dan Pusat  Pelayanan Satu Atap (PPSA).

Dari statistik yang dijalankan, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak melayani arus kunjungan kapal, arus penumpang, arus barang, dan arus petikemas. Dengan menu pintas jadwal kapal, jadwal kapal tambat, posisi kapal, lelang, webmail, Closed Circuit Television (CCTV) Online. Termasuk biaya/tarif  untuk kapal dalam negeri, kapal dari luar negeri, dermaga, penumpukan, dan petikemas.

Sebagai timbal balik perusahaan dengan masyarakat, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak membuat program bantuan yang diberi nama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Dalam PKBL tahap II tahun 2012 lalu, setidaknya telah terealisasi ke-21 sejak tahun 2003 sejumlah Rp 1.137.500.000. Dana PKBL tersebut diberikan kepada 47 mitra binaan PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak di wilayah Surabaya dan Jawa Timur setelah melalui survei dan proses seleksi ketat. Survei dan seleksi bantuan PKBL ini tetap memperhatikan dasar-dasar penilaian 4P dan 5C (Personality, Purpose, Prospect, Payment dan Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition).

Semua yang digagas jajaran manajemen PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak harus didukung semua pihak. Sebab, sesuai visi dan misinya, PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak ingin menjadi perusahaan jasa pelabuhan yang benar-benar diharapkan semua pihak. Tidak hanya di lingkup PT Pelindo III (Persero) dan pengusaha dibidang pelabuhan saja, namun juga bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

 

 

VISI: Menjadikan Pelabuhan Tanjung Perak sebagai Penyedia Jasa Pelabuhan yang Prima, dan Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik Nasional.

MISI:
1.    Menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten.
2.    Memacu kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang kompetitif.
3.    Memenuhi harapan semua stakeholders melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
4.    Menjadikan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, berkinerja, dan berbudi pekerti luhur.
5.    Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.

Sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan, bidang usaha PT Pelindo III (Persero) adalah menyediakan dan mengusahakan jasa kepelabuhanan untuk menunjang kelancaran angkutan laut dalam rangka menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

Untuk melihat lebih detail manajeman, layout pelabuhan, prosedur, maupun sejarah berdirinya PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak,  Anda bisa mengklik http://www.perakport.co.id [adv]


Ucapan

SELAMAT
HARI PERS NASIONAL (HPN) Ke-68 Tahun 2014
"Melalui HPN, Mari Kita Berbagi Rasa Kemanusiaan
Atas Bencana Gunung Kelud"
PT JAWA METALINDO PRIMA INDUSTRI SIDOARJO
PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Darmo
Jl. Raya Diponegoro - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Perak
Jl. Perak Timur 82 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Rungkut
Jl. Jemursari No.6 - Surabaya

PT BPJS Ketenagakerjaan Cab. Karimun Jawa
Jl. Karimun Jaya - Surabaya


Lentera Hati

INILAH KIAT SUKSES MENJADI ISTRI SHOLEHAH
Istri cerdik yang sholehah, 
penawar hati penyejuk pikiran. 
Di rumah dia sebagai istri, di jalanan dia sebagai kawan, 
dikala suami ...
Baca Selengkapnya...
IBU, PAHLAWAN SEPANJANG MASA
Oleh: Sri Kusnaeni, S. TP. ME.I *)


Bismillahirrahmaaniraahim…
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia akan memperingati hari tersebut ...
Baca Selengkapnya...
MARHABAN YA RAMADHAN
Mengucapkan:

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA
RAMADHAN 1433 HIJRIYAH

SD AL-ISHLAH
Jalan  Raya Rejeni No. 1 Desa Rejeni, ...
Baca Selengkapnya...

Polda Jabar Teratas Tangani Kasus Korupsi

BANDUNG, publiknasional.com

 

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menjadi yang teratas dalam penanganan kasus korupsi tahun 2013. Predikat Baca selengkapnya...Link