KARAWANG – Calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan melakukan kampanye ke Karawang, Jawa Barat. Dalam kunjungannya Anies Baswedan menemui masyarakat di Pasar Baru Karawang. Disana, kata Anies, berdialog dengan pedagang dan masyarakat.

“Tadi pagi saya ke Pasar Baru di Karawang, di situ bertemu dengan para pedagang, bertemu juga dengan warga yang belanja dan keluhannya sama jamak, bahwa harga kebutuhan-kebutuhan pokok tinggi sekali,” kata Anies kepada media di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/12/2023).

Anies menuturkan banyak keluhan dari masyarakat terhadap harga pangan yang naik, seperti harga beras mereka tunjukan mahal, kemudian cabe merah keriting, lalu bawang merah itu merupakan kebutuhan pokok yang harganya memang tinggi sekali.

“Inilah persoalan yang harus diselesaikan dan ini juga agenda utama kita, kenapa kita dari awal sampaikan soal Tata Niaga kebutuhan pangan. karena kita ingin agar rumah tangga, mendapatkan pangan dengan harga yang murah, terjangkau,” ujarnya.

“Di sisi lain petani, mendapatkan harga jual yang baik, yang sekarang terjadi adalah mereka yang bercocok tanam yang bekerja memproduksi, harga jualnya murah sementara keluarga-keluarga mendapatkan dengan harga yang mahal hilang di jalan. Ada memang ada spekulan, ada tengkulak ada macam-macam. Nah ini yang akan kita perangi, ini akan direformasi sehingga harga menjadi lebih baik untuk petani dan lebih baik juga untuk keluarga,” sambungnya.

Selain itu, Anies Baswedan berjumpa pedagang pakaian. Mereka, lanjut Anies, menceritakan bahwa omsetnya anjlok. Dia pun sempat menanyakan pemasukan dan pengeluaran dari omsetnya.

“Kami juga berjumpa dengan para pedagang pakaian, para pedagang-pedagang yang non pangan, yang mereka menceritakan bahwa omsetnya anjlok,” tuturnya.

Kemudian saya tanya, ‘Pak Apa ini ada kaitannya sama online? Karena penjualan online mereka sampaikan ini menurut bahasa mereka ya ‘Pak Anies kalau yang online itu yang di retail, kami ini grosir. Grosir saja enggak laku Pak’ Jadi kalau grosir menurut dia enggak ada hubungannya dengan yang online. Saya dengarkan terus apa persoalannya? perekonomiannya Pak, perekonomiannya,” tambahnya.

Capres nomor urut 1 menilai tingginya harga kebutuhan pokok tersebut menurut Anies merupakan salah satu pekerjaan prioritas yang harus segera diselesaikan.

“Jadi saya melihat memang perlu ada koreksi yang mendasar terkait dengan pemerintah dan usaha mikro usaha kecil terutama yang ada di pasar-pasar tradisional kita. Supaya mereka terus bisa bergerak dan itu juga menggambarkan daya belinya sedang menurun Sehingga penjualan mereka melemah. Itu satu yang kita kerjakan,” ungkapnya. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *