JAKARTA – Tidak hanya perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang banyak dicari oleh calon mahasiswa. Ternyata Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun, akan dicari untuk menjadi tujuan mereka berkuliah.

PTS atau Universitas Swasta seringkali menjadi alternatif untuk calon mahasiswa untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang perguruan tinggi.

Brikut daftar Universitas Swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics:

1. Telkom University (Tel-U)

Telkom University atau Tel-U menjadi salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia. Tel-U dinyatakan menjadi PTS terbaik oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019 lalu.

Tel-U pertama kali didirikan oleh yayasan Pendidikan Telkom pada tahun 2013. Kampus Tel-U berada di Bandung, Jawa Barat. Selain menjadi PTS terbaik di Indonesia, Tel-U pun menempati urutan ke-5 di nasional dan peringkat 1.435 di dunia.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY didirikan pada tahun 1981, Bantul, Yogyakarta. Memiliki slogan Unggul dan Islami serta tagline Muda Mendunia.

UMY memiliki 10 Fakultas dan 41 Program Studi, yang terdiri dari Program Vokasi, Sarjana (S1), Program Magister (S2), Program Doktor (S3), Program Profesi dan Program Internasional.

3. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan BINUS merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia. Binus memiliki beberapa kampus yang tersebar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Malang.

Kampus ini dikenal sebagai kampus pencetak founder Startup unggulan di Indonesia. Sebut saja William Tanuwijaya yang merupakan CEO Tokopedia. Selain itu, ada juga Andrew Darwis pendiri Kaskus yang merupakan alumni BINUS Jurusan Sistem Informasi tahun 1998.

4. Universitas Narotama Surabaya (Unnar)

Universitas Narotama Surabaya atau Unnar didirikan pada Februari 1981, oleh sekelompok dosen dari Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Unnar merupakan salah satu Universitas Swasta di Indonesia yang meraih banyak prestasi, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Beberapa di antaranya mendapatkan peringkat ke-77 dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

5. Universitas Mercu Buana (UMB)

Universitas Mercu Buana didirikan pada tahun Oktober 1985. Mercu Buana merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia.

Kampus ini telah meraih banyak prestasi dari dulu hingga sekarang. Terhitung sejak bulan Desember 2016, Universitas Mercu Buana berhasil memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dengan Peringkat ‘A’ atau Unggul, dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT).

6. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia yang terletak di Depok, Jawa Barat.

Universitas Gunadarma berdiri sejak Agustus 1981, kampus ini identik dengan ahli teknologi informasi. Kabarnya, banyak lulusan dari kampus ini yang berhasil memiliki karir yang cemerlang di perusahaan swasta, nasional, maupun multinasional.

7. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia atau UII menjadi salah satu Universitas Swasta terbaik dan tertua di Indonesia. Awalnya kampus ini bernama Sekolah Tinggi Islam (STI).

Namun, kampus ini resmi berubah menjadi Universitas Islam Indonesia pada tahun 1947, dan berlokasi di Yogyakarta. UII berhasil menempati posisi ke-31 pada tingkat nasional, dan peringkat 3.125 di dunia.

8. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro merupakan Universitas Swasta yang didirikan oleh yayasan Dian Nuswantoro Semarang, Jawa Tengah.

Yayasan ini awalnya menaungi beberapa sekolah tinggi yakni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Bahasa Asing, dan Sekolah Tinggi Kesehatan.

Kampus ini resmi bergabung menjadi Universitas Dian Nuswantoro pada tahun 1990. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Dian Nuswantoro telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

9. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM didirikan pada tahun 1964, yang berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah.

Saat ini UMM memiliki 62 Program Studi dalam beberapa jenjang pendidikan seperti Vokasi, Sarjana, Magister, Doktor, serta Profesi.

10. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Universitas Katolik Parahyangan atau UNPAR merupakan Universitas Katolik pertama di Indonesia, yang sudah berdiri sejak tahun 1955 lalu.

Berdirinya kampus UNPAR ditujukan untuk memenuhi kebutuhan SDM Perguruan Tinggi di Indonesia pada awal kemerdekaan.

UNPAR menjalankan proses pendidikan dengan sesanti ‘Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti’, yang berarti berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibuktikan kepada masyarakat.

Itulah, 10 Universitas Swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics. Apakah kampusmu termasuk? (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *