JAKARTA – Pendaftaran calon partai politik peserta Pemilu 2024 akan dimulai 1 – 14 Agustus 2022. Tahapan pendaftaran sendiri akan dilakukan selama 14 hari. Nantinya Waktu pendaftaran dari tanggal 1 hingga 13 Agustus pada pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan pada 14 Agustus pada pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB. Hal itu sebagaimana dikutip dari kpu.go.id, Senin (1/8/2022).

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai pelaksanaan pendaftaran partai politik pada Senin, 1 Agustus 2022, bertempat di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, No.29, Jakarta Pusat,” ujar Ketua KPU Hasyim Asyari.

Sementara itu terkait dengan tim, di tingkat kesekjenan sesuai dengan surat perintah dari ketua telah menyiapkan delapan tim. Delapan tim yang dibentuk terbagi dalam tiga pos.

Terbanyak, adalah tim untuk melakukan verifikasi administrasi yakni enam tim, kemudian satu tim untuk dukungan umum, dan satu tim untuk bagian helpdesk kepemiluan terkait tahapan pendaftaran.

Nantinya setiap tim yang bertugas melakukan verifikasi administrasi akan menangani tiga kategorisasi parpol.

Selain itu, KPU juga menyebut telah menyiapkan tempat khusus di halaman kantor KPU untuk rombongan parpol yang hadir dan menunggu proses pendaftaran.

Adapun mekanisme atau alur pendaftaran parpol yang telah disusun KPU sebagai berikut:

  1. Penyambutan secara resmi dilakukan oleh Sekretaris Jenderal KPU di lobby utama kantor.
  2. Pimpinan Partai Politik diminta untuk mengisi buku tamu kedatangan.
  3. Pengalungan selendang KPU sebagai ucapan selamat datang kepada Ketua Umum dan Sekjen Partai Politik.
  4. Pimpinan Partai Politik diantarkan oleh Sekretaris Jenderal KPU menuju ruang rapat utama lantai 2 KPU, tempat seremoni pendaftaran Partai Politik.
  5. Rombongan Partai Politik yang diperkenankan untuk naik ke ruang pendaftaran maksimal hanya sejumlah 12 orang.
  6. Ketua dan Anggota KPU menunggu dan menyambut rombongan pimpinan Partai Politik di lantai 2 untuk melakukan proses pendaftaran.
  7. Setelah menyerahkan berkas pendaftaran, tim LO Partai Politik mengecek kelengkapan pendaftaran melalui aplikasi SIPOL bersama tim Sekretariat Jenderal KPU.
  8. Pimpinan Partai Politik dipersilahkan melakukan konferensi pers setelah menyelesaikan pendaftaran di depan ruang rapat utama KPU.
  9. Rombongan Partai Politik yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian dipersilahkan
    untuk keluar melalui pintu keluar untuk bergantian dengan Partai Politik lainnya yang telah menunggu di ruang transit sesuai urutan kedatangan.

Seperti diketahui, berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55 Tahun 2020, ada tiga kategorisasi partai politik, antara lain:

  1. Partai politik peserta pemilu 2019 yang lolos PT (parliamentary threshold) atau yang memiliki kursi di DPR.
  2. Partai politik peserta pemilu 2019 yang tidak lolos PT atau tidak mempunyai kursi di DPR.
  3. Partai politik baru. Perbedaan yang dimaksud; parpol yang masuk kategori 1 yang telah mendaftar dan dilakukan hanya verifikasi administrasi. Sementara, parpol kategori 2 dan 3, yaitu mendaftar lalu dilakukan verifikasi administrasi. Bagi yang memenuhi syarat, dilanjutkan verifikasi faktual.

(Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *