DEPOK – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diketuai Sindy Yulia Putri, S.Pd., M.Si beranggotakan dosen yaitu Yuliani Widianingsih, SS., M.Si dan Nurfarah Nidatya.,S.H.Int.,MAIR serta beberapa mahasiswa yaitu Bastian Chandra, Fariezka Safa Salsabila, Nurul Alya Maulida, dan Ian Syadewa menyelenggarakan kegiatan pelatihan, Rabu 16 Agustus 2023, tepat satu hari sebelum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan mengambil judul “Pelatihan Digital Marketing bagi Siswa Jurusan Pemasaran SMK Islamiyah Serua Depok untuk Meningkatkan Pemahaman Digital Bidang Pemasaran”. Adapun kegiatan  PkM bertempat di Jalan Serua Raya No. 23, Kelurahan Serua, 16517, Kota Depok, Jawa Barat.

“Kegiatan pengabdian ini didasari oleh kepedulian tim PkM terhadap fakta di lapangan bahwa para siswa di SMK Islamiyah Serua Depok masih belum memahami dengan baik digital marketing. Selain itu kemampuan yang masih terbilang rendah dalam mengoperasionalkan media digital untuk mengoptimalkan pemasaran produk,” ujar Sindy kepada publiknasional.com, Rabu (16/8/2023).

Dari hasil dialog dengan para guru di sekolah, sekitar 75% siswa belum mengetahui apa sebenarnya esensi tujuan digital marketing. Secara sederhana, tujuan digital marketing adalah untuk mempromosikan suatu produk di media digital. Namun lebih elaboratif lagi, tujuan digital marketing sebetulnya adalah suatu strategi meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk, mempromosikannya melalui pengalaman dan testimoninya kepada orang lain, lalu calon konsumen melakukan repeat order untuk produk tersebut di kemudian hari.

“Terkait dengan kondisi mitra tersebut, tim PkM menawarkan pelatihan digital marketing, mengingat ketua tim PkM telah memiliki sertifikat digital marketing yang sudah diakui oleh BNSP. Maka dari itu, tujuan PkM ini spesifik pada peningkatan pemahaman dan kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan digital marketing di gawai dan laptop mereka,” ungkapnya.

Menurut Sindy, aktivitas PkM ini sejatinya berkontribusi pada upaya dasar dalam memenuhi target SDGs 4 dan SDGs 9. Terkait dengan topik digital marketing, PkM ini selaras dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam skup kecil digital marketing. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi dalam pengembangan inovasi dan infrastruktur digital untuk bidang pemasaran.

Kegiatan PkM semakin interaktif dengan adanya kuis yang diberikan melalui aplikasi Quizziz. Para siswa dengan bersemangat menjawab seluruh pertanyaan dengan tepat dan cepat, karena ada hadiah menarik untuk tiga orang dengan skor tertinggi. Merujuk pada hasil kuesioner dan kuis, rangkaian aktivitas PkM ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengoperasionalkan digital marketing platform untuk memvisualisasikan ide-ide bisnis mereka dan mempraktekkannya secara mandiri dengan deskripsi produk yang baik disertai berbagai caption menarik.

“Paska pelatihan, 89% siswa sudah memahami tujuan digital marketing dan 90% siswa sudah memahami dengan benar perbedaan paid and free traffic. Mereka telah memahami bahwa Google ads dan Facebook ads merupakan paid traffic. Kemudian sebagian besar siswa mengungkapkan bahwa pelatihan digital marketing yang kami laksanakan sangat fungsional untuk pemasaran produk dan relevan dengan bidang studi mereka yakni bidang pemasaran,” tutup Sindy. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *