NEW YORK – Korban tewas ledakan di acara peringatan 3 tahun kematian jenderal Iran, Qasem Soleimani, Rabu (3/1/2024), bertambah menjadi 103 orang.

Dua ledakan mengguncang lokasi acara yakni di dekat makam Soleimani di Kota Kerman. Seorang sumber pejabat Iran mengatakan kepada kantor berita pemerintah IRNA, dua alat peledak ditanam di sepanjang jalan menuju lokasi pemakaman Soleimani. Bom diledakkan dari jarak jauh.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengutuk keras serangan bom yang terjadi pada acara peringatan kematian Qassem Soleimani di kota Kerman, Iran, Rabu (3/1/2023). Soleimani merupakan mantan komandan Pasukan Quds yang tewas oleh serangan pesawat nirawak (drone) Amerika Serikat (AS) di Irak pada 3 Januari 2020.

“Sekretaris Jenderal mengutuk keras serangan hari ini terhadap upacara peringatan di kota Kerman di Republik Islam Iran, yang dilaporkan menewaskan lebih dari 103 orang dan melukai lebih banyak lagi. Sekretaris Jenderal menyerukan mereka yang bertanggung jawab untuk dimintai pertanggungjawaban,” kata Wakil Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Florencia Soto Nino kepada awak media, dilaporkan Anadolu Agency. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *