GAZA, PALESTINA – Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza bertambah menjadi 31.553 orang. Jumlah ini termasuk dampak dari serangan Israel hingga Sabtu (16/3/2024) yang menewaskan 63 warga Palestina dan melukai 112 lainnya.

Sementara itu sedikitnya 92 warga Palestina tewas dan 130 lainnya terluka dalam 24 jam terakhir, saat Israel melanjutkan serangannya di Jalur Gaza yang terkepung. Demikian keterangan Kementerian Kesehatan wilayah tersebut pada Minggu.

“Pendudukan Israel melakukan sembilan pembantaian terhadap keluarga di Jalur Gaza, menyebabkan 92 orang mati syahid dan 130 orang terluka selama 24 jam terakhir,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

“Banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan, karena tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka,” demikian dalam pernyataan itu.

Israel yang mengabaikan keputusan sementara Mahkamah Internasional, melanjutkan serangan gencarnya di Jalur Gaza di mana setidaknya 31.645 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, serta ada sebanyak 73.676 orang terluka sejak 7 Oktober, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Serangan Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituntut karena melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Putusan sela pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *