JAKARTA – Untuk pertama kalinya, Universitas Negeri semarang (UNNES) membuka penerimaan mahasiswa baru program magister dan doktor by research. Pendaftaran program ini akan dibuka pada semester genap tahun 2023/2024, mulai 29 Desember 2023 hingga 26 Januari 2024.

Ada 6 program studi doktor dan 17 program studi magister yang dibuka dalam program by research tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES Prof. Dr. Zaenuri Msi Akt, seperti dilansir dari laman resmi UNNES, Sabtu (30/12/2023), menjelaskan program by research dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurutnya, program by research diselenggarakan untuk melahirkan ilmuwan yang mandiri, mampu menemukan, menciptakan, dan memutakhirkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan penelitian.

UNNES membuka program by research setelah mempertimbangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki. Selain reputasi kelembagaan yang dimiliki, prodi S2 dan S3 yang ada di UNNES memiliki dosen yang berkompeten membimbing mahasiswa dalam proses penelitian.

Lebih fleksibel dan kualitas tetap terjaga

Kepala Sub-Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan UNNES Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd. menjelaskan bahwa kelas by research menawarkan fleksibilitas.

Sesuai tujuannya, orientasi program by research adalah output penelitian dalam bentuk publikasi atau output lain. Mahasiswa tidak harus menempuh perkuliahan terjadwal sebagaimana dalam program S2 dan S3 reguler.

“Perkuliahannya lebih banyak berupa pembimbingan dengan pembimbing atau promotor. Nah, mekanisme pembimbingan ini juga fleksibel sesuai kebutuhan dan kondisi mahasiswa dengan pembimbingnya. Bisa pertemuan luring atau daring,” katanya.

Kalaupun diperlukan masuk kelas, sifatnya tidak wajib, hanya sit in untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai topik tertentu.

Prof. Joko menambahkan, kelas ini akan memberi banyak kemudahan kepada mahasiswa karena topik tesis dan disertasi juga bisa disesuaikan dengan bidang kerja mahasiswa. Dengan begitu, mahasiswa bisa menyusun proposal, mengumpulkan data, melakukan analisis, juga menyiapkan publikasi dari tempatnya bekerja.

Daftar prodi by research

Pendaftaran dibuka secara daring melalui https://sm.unnes.ac.id. Adapun informasi lengkap mengenai program ini dapat diakses melalui laman unnes.ac.id/admission.

Daftar program studi yang menerima mahasiswa program by research adalah sebagai berikut:

Program Doktor

  1. Pendidikan Bimbingan dan Konseling S3
  2. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam S3
  3. Pendidikan Matematika S3
  4. Pendidikan Olahraga S3
  5. Pendidikan Ekonomi S3
  6. Ilmu Hukum S3

Program Magister

  1. Pengembangan Kurikulum S2
  2. Pendidikan Luar Sekolah S2
  3. Bimbingan dan Konseling S2
  4. Pendidikan Anak Usia Dini S2
  5. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam S2
  6. Pendidikan Matematika S2
  7. Pendidikan Fisika S2
  8. Fisika S2
  9. Pendidikan Kimia S2
  10. Teknik Sipil S2
  11. Teknik Kimia S2
  12. Pendidikan Olahraga S2
  13. Pendidikan Ekonomi S2
  14. Ilmu Ekonomi S2
  15. Akuntansi S2
  16. Manajemen S2
  17. Ilmu Hukum S2

(Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *