JAKARTA – Roti menjadi salah satu menu sarapan favorit bagi para seiap keluarga. Selain praktis, roti tawar juga sangat mudah ditemukan dan lezat jika dipadankan dengan berbagai jenis selai kesukaan Anda. Jika Anda ingin lebih sehat, Anda bisa memilih roti gandum sebagai salah satu menu sarapan sehari-hari.

Roti gandum memiliki warna lebih kecokelatan dibandingkan dengan roti tawar. Selain itu, roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan roti tawar putih. Nah, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan ketika rutin mengkonsumsi roti gandum saat sarapan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda mengganti roti tawar putih dengan roti tawar gandum. Karena roti gandum memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Kandungan Nutrisi Roti Gandum

Banyak orang yang beralih untuk mengkonsumsi roti gandum karena dinilai memiliki lebih banyak kandungan nutrisi baik yang ada di dalamnya. 

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang membuat roti ini sangat cocok untuk dijadikan sarapan. Karbohidrat kompleks dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain karbohidrat, roti gandum juga dinilai sebagai sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Satu helai roti gandum memiliki kandungan protein nabati sebanyak sebanyak 5 gram.

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam roti gandum juga cukup beragam. Roti gandum umumnya mengandung zat besi, kalium, vitamin B, dan asam folat. Jika dalam proses pembuatan roti diberikan sedikit garam, maka roti gandum akan memiliki kandungan sodium.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam roti gandum. Kandungan nutrisi yang beragam membuat roti gandum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Roti Gandum

Apabila Anda ingin beralih mengkonsumsi roti gandum, sebaiknya ketahui manfaat dalam mengkonsumsinya. Dikutip dari halodoc.com, Rabu (7/2/2024), roti gandum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut petikan manfaatnya.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi banyak serat dapat membantu Anda menjaga perkembangan bakteri baik pada usus. Bakteri baik dalam usus dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan usus.

2. Manfaat Roti Gandum untuk Mengontrol Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, roti gandum menjadi jenis makanan yang bisa Anda konsumsi setiap pagi. Berbeda dengan roti tawar putih, roti gandum memiliki jumlah kalori lebih rendah dibandingkan dengan roti tawar putih.

3. Manfaat Baik Roti Gandum untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi roti gandum menjadi kebiasaan yang baik dan punya manfaat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan biji-bijian dalam roti gandum dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang memicu gangguan pada jantung.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kandungan dalam roti gandum membuat kamu terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis. Penelitian dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh British Medical Journal, menjelaskan dengan meningkatkan pengkonsumsian makanan yang mengandung gandum dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan kematian yang menjadi komplikasi penyakit tersebut.

5. Menurunkan Risiko Dibetes Tipe 2

Rutin mengkonsumsi roti gandum juga membantu Anda dalam menurunkan risiko alami diabetes tipe 2. 

Demikianlah sekelumit manfaat dalam mengkonsumsi roti gandum secara rutin. Namun, jika Anda memiliki riwayat alergi gandum, sebaiknya jangan mengkonsumsi roti jenis ini untuk mencegah munculnya gejala alergi.

Namun, yang perlu Anda ketahui, meskipun menyehatkan, tetapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi roti gandum. Anda juga perlu mencari tahu seberapa banyak jumlah roti gandum yang sebaiknya dikonsumsi dengan bertanya langsung kepada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *