JAKARTA – Puluhan orang yang mengatasnamakan Aliansi Alumni Airlangga untuk perubahan (A3P) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024.

“Kami dari alumni Universitas Airlangga dari segala penjuru dan angkatan yang ada dari Sabang sampai Merauke, hari ini berkumpul di Taman Bungkul, tepatnya di Kedai Ketan Punel, mendeklarasikan dukungan untuk capres nomor urut 1 Bapak Anies Baswesan dan cawapres Muhaimin Iskandar,” kata Ketua A3P Achmad Hariyanono usai deklarasi di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (3/2/2024).

Achmad menjelaskan acara deklarasi dukungan terhadap pasangan calon AMIN tersebut merupakan momentum untuk menentukan perubahan di Indonesia.

“Karena rakyat Indonesia ini sudah sangat mendambakan seorang pemimpin yang amanah yang adil, yang jujur, dan juga mempunyai rekam jejak yang baik; dan salah satunya yang kami pilih, seluruh alumni kami sepakat, beliau Anies Baswedan,” kata Achmad.

Dia menegaskan landasan untuk mendukung pasangan calon AMIN karena Anies Baswedan dianggap memiliki rekam jejak yang baik saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Salah satunya, Pak Anies mempunyai rekam jejak yang jelas. Sebelum mencalonkan capres ini adalah seorang gubernur DKI Jakarta dengan keberhasilannya, prestasinya, membangun Jakarta begitu bagus. Nanti, keberhasilan Pak Anies di Jakarta akan ditularkan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Selain memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik di DKI Jakarta, dia menilai Anies juga memiliki gagasan bagus untuk Indonesia lebih baik.

“Kami yakin Pak Anies track record yang baik dari calon-calon yang ada. Gagasannya juga bagus. Kami, insyaallah, memilih beliau atas dasar itu,” tambah Achmad.

Dia pun mengaku optimistis pasangan calon AMIN bisa memenangi Pilpres 2024, karena mereka berdua juga turun ke lapangan untuk menerima aspirasi masyarakat secara langsung.

“Kami optimistis sekali. Jadi, kami semua sudah bergerak, kami juga menggalang aspek masyarakat, baik lintas sosial masyarakat maupun dari perguruan tinggi lain. Kami juga berkolaborasi. Insyaallah kami bisa memenangkan AMIN untuk pemilihan 14 Februari nanti,” jelasnya.

Dalam acara deklarasi dukungan kepada AMIN tersebut, Achmad mengungkapkan banyak anggota A3P yang datang dan dari lintas angkatan.

“Dari kekuatan alumni, yang ada dan sudah terdaftar, ada sekitar 5 ribuan (orang), itu yang sudah terdaftar, yang belum terdaftar masih banyak, dari mulai angkatan tahun 1973 dan lintas 2021, tahun 1971 juga ada,” ujarnya.

Sementara itu para alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya lintas angkatan (dari angkatan 1969) kompak bergabung dalam Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan, mendeklarasikan dukungan untuk pemenangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan ini dibacakan langsung oleh Rustam Effendi, alumni ITS paling senior angkatan 1969 di markas Timnas AMIN, Jl. Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2024).

Selanjutnya, naskah deklarasi Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan diserahkan langsung kepada Executive Co-Captain Timnas AMIN Sudirman Said.

Para alumni lintas angkatan dari kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini hadir dalam deklarasi ini. Selain Rustam Effendy, beberapa tokoh senior alumni ITS juga hadir antara lain Muhadjir Manan, Lukman Mahfoedz, Harun Al Rasyid, Hanif Jauhari, Gunaris, dan lainnya.

Rustam Effendy menyampaikan bahwa Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengawal pemilu yang bersih, jujur dan adil serta menegakkan kembali demokrasi dan kebebasan berpendapat.

“Saya angkatan 69 [1969], kami berkumpul di sini dan bekerja di berbagai bidang dengan satu tekad untuk memenangkan paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin [AMIN], semoga beliau berdua diridhoi Allah SWT,” ujar Rustam saat membacakan deklarasi dukungan, Sabtu (3/2/2024).

Sudirman Said, Executive Co-Captain Timnas AMIN, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Keluarga Besar Alumni ITS Pro Perubahan yang bertekad untuk memenangkan AMIN.

“Insyaallah ini (dukungan alumni ITS) menjadi energi tambahan di menit terakhir. Ibarat permainan sepakbola, energi sedang turun [di menit terakhir], kemudian dapat energi tambahan. Makin hari makin banyak dukungan. Dengan kedatangan bapak/ibu [alumni ITS], maka hasil apapun pada 14 Februari, insyaallah AMIN memang, maka kekuatan wibawa negara makin solid karena didukung ilmu pengetahuan, etika, wisdom, kebijakan, dan gagasan,” kata Sudirman. Selanjutnya, Sudirman akan menyampaikan naskah deklarasi itu kepada Anies dan Muhaimin. “Pak Anies dan Gus Muhaimin menyampaikan salam hormat untuk bapak/ibu semua,” tutupnya. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *