JAKARTA – Dari ketiga calon presiden hanya capres nomor 1 Anies Baswedan yang hadir secara langsung memenuhi undangan Dewan Pers dengan menyatakan komitmennya dan deklarasi terhadap kebebasan pers. Sementara capres nomor 2 tidak hadir dan capres nomor 3 secara virtual. Hal ini menunjukkan bahwa hanya Anies Baswedan sajalah yang memiliki komitmen dan keseriusan dalam mendukung kemerdekaan pers.

Dewan Pers mengundang seluruh capres peserta Pilpres 2024 untuk meneken deklarasi kebebasan pers yang digelar di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024).

Dalam agenda tersebut hanya capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang hadir secara langsung di Gedung Dewan Pers. Sementara Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terlihat tak hadir dan diwakili timsesnya untuk Pilpres 2024. Lalu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo hadir secara virtual dari Semarang, Jawa Tengah.

Di Gedung Dewan Pers, Anies menyampaikan pidato dan sambutannya tentang kebebasan pers dan komitmennya dalam membangun pers yang sehat apabila terpilih menjadi presiden. Kemudian ia membubuhkan tandatangan komitmen kebebasan pers dalam secarik kertas yang dibalut piagam. Setelahnya, dia lanjut berfoto langsung bersama Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu.

Sedangkan Ganjar Pranowo juga melakukan hal serupa melalui tayangan virtual. Ia menandatangani secarik kertas yang deklarasi kebebasan pers.

Kemudian pasangan capres-cawapres nomor urut 2 diwakili tandatangan deklarasi oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *