JAKARTA – Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN berencana membangun 40 kota baru seperti Jakarta selama lima tahun ke depan. Rencana tersebut telah disusun dalam visi misi AMIN termasuk nama 40 kota yang akan dikembangkan selama lima tahun ke depan.

“Lebih penting dari itu, semua visi misi kita ini kan butuh diuji. Kayak 40 kota, ini butuh diuji,” ujar  Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Gus Imin,  usai menghadiri acara Diskusi dan Kalibrasi bersama Mahasiswa se-Jawa Tengah dan Yogyakarta di GOR Jatidiri, Semarang, Minggu (24/12/2023).

Wakil Ketua DPR RI bidang Kokesra itu memaparkan, pembangunan 40 kota merupakan bagian dari upaya pemerataan di Indonesia. Dicontohkannya, anggaran sekira Rp400-500 triliun dibagi rata bisa meningkatkan mutu pembangunan 40 kota di Indonesia selayaknya Ibu Kota Jakarta.

“Apa benar kita punya uang Rp500 triliun kalau buat satu kota lebih lamban dibanding 40 kota dibagi rata sehingga menuju sama dengan Jakarta? Sehingga lima tahun sudah menuju Jakarta,” terang Gus Imin.

“Misalnya Rp400 triliun dibagi 40 kota, berarti satu kota dapat Rp10 triliun. Rp10 triliun besar sekali kemajuannya,” tambahnya.

Lebih lanjut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan bahwa pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar  lebih terfokus pada pembangunan infrastruktur dasar di 40 kota tersebut. Seperti infrastruktur air, transportasi, Perumahan hingga sarana pendidikan.

“Paling pokok infrastruktur air, transportasi publik, pendidikan. Jadi pendidikan berkualitas, tentu infrastruktur pendidikannya harus bagus. Tamannya juga ada, jadi infrastruktur pendidikan itu menyangkut kenyamanan,” tutur Gus Imin.

“Perumahan, perumahan yang terakses dengan kota. Jadi ya syukur-syukur dalam lima tahun itu bisa dapat Rp5 triliunan saja sudah bagus,” imbuhnya.

Untuk diketahui, acara diskusi dan kalibrasi bersama mahasiswa se-Jawa Tengah dan Yogyakarta ini turut dihadiri capres Anies Baswedan. Para mahasiswa tampak antusias menguji visi misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam kegiatan tersebut. (Red)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *